Pengertian Android beserta versi nya lengkap 2017


Di tahun ini sistem operasi android masih menjadi bahan pembicaraan banyak orang suka dengan sistem ini, kenapa? yah tentunya sistem ini selalu ada disetiap versi/ merk smartphone kita.
sayangnya banyak orang awam yang belum mengetahui sistem operasi andorid, maka dari itu saya ingin memperkenalkan sistem ini kepada teman-teman agar menambah wawasan teman-teman.

Sejarah Android

Android merupakan sistem operasi berdasarkan kernel linux linux yang dirancang untuk perangkat-perangkat keras yang membantu dan menemani hari-hari kita seperti smartphone, komputer serta tablet.
sistem operasi ini pada mulanya dikembangkan oleh perusahaan Android Inc (perusahaan yang membuat software untuk ponsel) yang berada di Palo Alto  dengan adanya dukungan financial dari google, tak lama kemudian pada tahun 2005 google telah membelinya dan resmi dirilis pada tahun 2007, pada tahun 20017 google mengumumkan  akan mengembangkan ponsel yang memakai sistem operasi Android.
banyak perusahaan baru yang akan menggunakan sistem operasi android ini seperti halnya Open Handset Alliance yang terdiri dari sekelompok puluhan pembuat hardware, carrier serta banyak perusahaan perangkat mobile , diantaranya Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, dll.

seiring perkembangan zaman android telah mempunyai berbagai macam versi, seperti
Versi Android

1. Android 1.01.1

pada tahun 2008 secara resmi android versi 1.0.1.1 dirilis lebih tepatnya pada bulan febuari. versi ini memang versi awal dari sistem android ini tapi versi ini telah digunakan untuk smartphone yaitu HTC, selang satu tahun versi android mulai berkembang lagi tepatnya bulan febuari 2009 telah merilis android versi 1.1, sayangnya versi ini android belum memberkan nama untuk versi ini. tapi tenang google telah memutuskan untuk memberi nama di setiap versi android dengan nama makanan ringan.

2. Cupcake (Android 1.2 - 1.5)

Android dengan nama cupcake dirilis sekitar tanggal 30 April 2009. versi ini menggunakan nama yang berasal dari makanan ringan berupa kue kecil yang dikemas di sebuah wadah dan biasanya disajikan dengan frosting. dan versi ini merupakan versi android yang pertama diberi nama makanan.

3. Donut ( Android versi 1.6 )

tak lama setelah merilis versi android cupcake google telah merilisnya kembali pada tanggal 15 September 2009, versi adalah versi pembaruan dari versi cupcake karena versi cupcake banyak terjadi kesalahan pada saat reboot serta sudah merubah pada fitu foto, vidio dan integerasi pencarian dan donut merupakan makanan yang menyerupai cincin.

4. Eclair ( android 2.0 - 2.1 )

Versi ini dirilis pada tanggal 26 oktober 2009 yang telah menambahkan fitur bluethoot 2.1, flash dan kamera dengan zoom, multi touch, live wallpaper da masih banyak lagi. versi ini berasal dari makanan penutup yang berbentuk persegi panjang menyerupai kue dengan di tambahkan krim ditengah dan lapisan coklat.

5. Froyo ( Android 2.2 - 2.2.3 )

Froyo resmi dirilis pada tanggal 20 mei 2010 dengan memperbarui browser google chrome agar memiliki kinerja yang cepat. versi ini menggunakan singkatan dari makanan Frozen Yoghurt(Froyo).

6. Gingerbread ( Android 2.3 - 2.4 )

Gingerbread merupakan makanan jenis roti kering yang disajikan pada saat perayaan libur akhir tahun dibenua amerika dan versi ini dirilis pada tanggal 6 desember 2010 dengan memperbarui sistem serta menambahkan fitur dukungan untuk internet calling, nirkabel, dual camera serta masih banyak lagi. Versi ini masih digunakan dengan berbagai jenis vendor tapi ada salah satu vendor menjadi vendor pertama yang menggunaan versi android ini yaitu nexus S yang di rilis oleh produsen Samsung

7. Honeycomb ( Android 3.0 - 3.2 )

Honeycomb dirilis pada tanggal 22 February 2011 dan kemudian upgrade ke versi 3.1 dan 3.2. Honeycomb merupakan jenis makanan agn berasal dari sereal dan terbuat dari jagung dengan memiliki rasa jagung serta makanan ini populer pada tahun 1965.

8. Ice Cream Sandwich ( Android 4.0 )

Ice Cream Sandwich merupakan versi yang ditunggu masyarakat setelah menunggu dari versi 3.2 karena sebelum versi ini dirilis google telah merilis banyak versi di setiap tahun dan versi ini dirilis pada tanggal 19 oktober 2011. versi ini telah mengalami banyak perubahan seperti interfacesnya dan fitur lainnya. nama dari versi ini menggunakan dari makanan yang berlapisan es krim vanila dan diapit antara dua cookies coklat yang berbentuk persegi panjang.

9. Jelly Bean  ( Android 4.1 - 4.3 )

Android 4.1-4.3 Google I/O resmi merilis dan memperkenalkan versi ini pada tanggal 27 juni 2012, di dalam versi ini banyak terajdi perubhan yang sangat terlihat karena di versi ini sudah memiliki kinerja yang sangat bagus serta meningkatkan interface yang melebihi interfaces di versi Ice cream sandwich serta sudah mencagkup seluruh fitur baru seperti keyboard gesture typing, google Now dll. nama ini diambil dari nama permen yang sering terdapat di benua eropa

10. KitKat ( Android 4.4 )

Android 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. KitKat merupakan merk cokelat yang dikeluarkan oleh Nestle.
Android versi ini memiliki banyak fitur & semakin memanjakan para pengguna android. Diantaranya : Immersive mode, Akses kontak langsung dari aplikasi telepon, google now launcher, dan pastinya memiliki interface UI yang baru.

11. Lolipop ( Android 5.0 - 5.1.1)

versi ini dirilis pada tanggal 25 juni 2014 versi ini telah didukung semua jenis fitur serta aplikasi didalamnya karena google telah memperbarui versi ini agar kinerja dari versi ini sangat hebat. perangkat pertama untuk menggunakan mereka adalah mereka dari garis Nexus


12. Marshmellow ( Android 6.0)

versi ini telah diperbarui serta terdapat berbagai jenis bahasa pemrogamman, versi ini dirilis pada bulan Agustus 2015 dan memiliki kinerja yang cukup bagus dan versi ini adalah versi terakhir karena Google belum melakukan pembaruan versi lagi

sekian dari saya say ucapkan terima kasih Wassalamua'alikum, mohon maaf jika tutur atau kesalahan pnegetikan saya minta maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »