Mengenal Jenis Virus


Diera serba digital ini tentunya tidak asing dengan namanya virus, banyak pengguna teknologi yang merasa kesal dengan virus. virus merupakan progam berjalan yang bertujuan membuat komputer kita error dan dapat merusak sistem operasi kita dan virus adalah momok berbahaya untuk para user pengguna sistem operasi windows. bayangkan saja ketika kita memiliki sebuah file atau dokumen penting itu hilang pastinya kita sangat marah, maka dari itu kita harus lebih waspada dan menjaga komputer atau laptop kita dari serangan virus agar tidak ada yang disesal ketika data penting itu hilang dan kita harus lebih mengenal nama virus untuk menambah wawasan dan kewaspadaan kita. kali ini saya akan membahas beberapa nama-nama virus yang sangat berbahaya dan harus secepatnya kita bersihkan. sekarang kita simak bersama-sama tentang nama-nama virus.

1. worms
 worms merupakan sebuah progam yang menyerupai virus yang memiliki kemampuan untuk mereplikasikan dirinya dan memberi sebuah dampak yang sangat negatif untuk sistem opersai kita. biasanya worms tersebar melalui perantara sebuah email jaringan internet dan worms tidak menginfeksi file ataupun merusak sistem kita tapi kita jangan merasa lega dahulu karena worm dapat meniru hampir semua sistem operasi kita dan menyebabkan sistem operasi komputer kita dan membuat kinerja komputer kita menjadi lemah tak hanya itu juga biasanya keamanan sistem kita akan melemah disaat komputer kita terserang worm, untungnya worms dapat kita hilangkan dan deteksi dengan anti virus yang selalu diperbarui.

2. Trojan
trojan adalah sebuah kode yang berbahay untuk sistem oparasi kita dan trojan biasa disebut dengan nama trojan horse, trojan tidak seperti virus-virus pada umumnya yang menginfeksi file kita atau mereplikasikan dirinya. pada umunya trojan dapat menyamarkan dirinya sebagai progam atau aplikasi yang sering kita pakai dan menyebabkan kinerja sistem operasi kita menjadi sangat lambat.

3. Discusx.vbs

discusx.vbs adalah sebuah virus yang harus kita antasipasi karena virus ini cepat berkembang dan menginfeksi file kita dengan cara membuat sebuah file yang bernama autorun.inf dan system32.sys.vbs pada driver biasanya virus ini akan terlihat disaat kita sedang membuka browser bawaan sistem operasi kita dengan mengubah nama dari browser kita menjadi sebuah nama asing yang tidak pernah kita ketahui.

4. Autoit variant

autoit varian adalah sebuah virus yang berbasiskan script dan menggukan icon menyerupai folder. virus ini bekerja dengan melakukan automatical update ke beberapa sistus yang ada di internet. virus ini sering membuat kesal para pengguna komputer disaat pengguna komputer akan berselancar di internet. virus ini memanfaatkan vendor penyedia layanan pesan atau sering kita sebut Email dengan mengirimkan pesan yang berupa sebuah alamat url disetiap contact yang ada diemail.

5. virus reva.vbs

virus ini berjenis Vbscript yang sengat berbahaya sekali dengan menyebarkan dirinya disetiap drive komputer kita dan menginfeksi semua file yang berextensi .vbs, .inf, .jpg. virus ini juga yang sering dikeluhkan para pengguna komputer karena virus ini sering merusak data-data penting kita.

Artikel Terkait
- cara menghilangkan virus shortcut
- Pilih linux atau windows?

6.Memory Resident

Memory Resident tidak seperti virus pada umumnya yang menyerang drive dan menginfksi data kita karena virus ini ini menyerang file dan progam disaat akan kita akan menyalin dengan merubah namanya menjadi sebuah nama-nama enah, Memory Resident sering menatapkan dirinya didalam memori atau biasa kita sebut RAM dan otomatis berjalan disaat kita akan menghidupkan komputer kita dan mendapatkan kontrol bebas disaat komputer kita hidup.

7. Explorea

ini adalah momok yang sering ditakuti para pengguna komputer karena virus ini menyerang regristi sistem kita yang berextensi  .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM dan mengubah pengaturan sistem menjadi pengaturan default. virus ini berukuran 167.936 bytes dan tanpa di compres dengan menggunakan icon yang mirip folder standart windows untuk mengelabuhi para pengguna komputer. virus ini dapat terlihat ketika kita membuka sytem properties yang memunculkan sebuah pesan error

8.Recycler Varian
 virus ini cukup terbilang unik kenapa? karena virus ini sering bersembunyi didalam direktori Recycler/Recycler/Recycle Bin dan sering menginfeksi explorer.exe. virus ini sulit dicari para pengguna dan sulit untuk dibersihkan anti virus karena virus ini sering menginject kan dirinya agar dapar menginfeksi explore.exe.

itulah jenis-jenis virus yang sering menyerang komputer atau laptop kita dan sering mengelabuhi kita, aslinya masih banyak jenis virus yang sering membuat kita kesal dengan sering-sering membarui anti virus kita agar selalu terhindar dari serangan virus kita. cukup sekian dari saya dan sebuah pesan dari saya untuk berhati-hati dan senantiasa menjaga laptop atau komputer dari virus agar tidak terjangkit virus, semoga artikel ini bermanfaat saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »