Perbedaan Developer dan Progammer


Programmer dan developer suatu pekerjaan yang sangat selalu jadi bahan omongan di dunia IT. sayangnya masih banyak orang yang masih menganggap progammer dan develooper merupakan pekerjaan yang dilakukan sama.
semua itu kurang benar maka dari itu saya ingin membahas perbedaan progammer dan developer agar teman-teman menjadio paham, yuk mari kita simak

Progammer

Progammer merupakan suatu sebutan untuk orang yang mampu menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan bahasa pemrogamman.
mereka mempunyai banyak keahlian dan terbagi dalam level yang berbeda, contohnya dari proggamer yang hebat dalam penulisan kode, mengerti tentang algoritma dan mereka semua dapat bekerja dengan sendiri.
seseorang bisa dinamakan seorang progammer jika mereka bisa menguasai salah satu bahasa pemrogamman dan mereka sangat menguasainya. menjadi seorang proggamer dapat kita pelajari dari 2 macam cara seperti dari lulusan universitas dan belajar sendiri. 
jika ada seorang progammer lulusan dari universitas biasanya mereka berasal dari jurusan ilmu komputer atau dari jurusan Informatika seperti saya,
tapi jika seorang progammer belajar bahasa pemrogamman dengan belajar sendiri biasanya mereka lulusan dari sekolah menengah kejuruan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) atau belajar dari buku, kursus, internet dan sebagainya.

Developer

Developer adalah seseorang Progammer yang sudah sangat handal yang dapat mengatasi semua masalah di dalam dunia pemrogamman serta dapat membuat sebuah produk sendiri.
mereka bekerja sesuai dengan prinsip yang akan mereka kerjakan seperti Desain, Implementasi rekayasa perangkat lunak(software dll) untuk mengatasi kinerja, maintain, keamaan sebuah perangkat lunak yang akan dibuat.
seseorang bisa dikatakan seorang developer maka mereka harus dapat menggunakan berbagai macam sistem dan bahasa pemrogamman yang berbeda serta dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya.
karena seorang developer merupakan seseorang yang sangat profesional, dapat bekerja dengan team, dapat bekerja sesuai target, mampu berkomunikasi dengan baik, mempunyai pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan maslah yang pernah dia selesaikan, menegetahui berbagai metode.
dengan semua pengalamannya maka mereka dapat bekerja dengan bebas serta dapat dipercaya seorang client.

coder juga dapat dikatakan seorang progammer dan deeloper juga bisa disebut sebagai software enginer, dengan kata lainnya seorang progammer dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan developer adalah seseorang yang tidak hanya menyelesaikan tugasnya saja namun punya tanggung jawab yang besar pula.

jadi seorang progammer dan devloper merupakan pekerjaan yang sama namun tugas mereka sedikit berbeda, dan seorang developerlebih banyak meulangkan waktu, tenaga dan pengelamannya dibandingkan progammer sedangkan progammer hanya mempercepat pekerjaannya agar pekerjaannya bisa dilakukan dengan singkat. sekian dari saya, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah mohon dimaklumi karena manusia tempatnya salah dan dosa. Terima kasih :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »